-->

Tahukah Kamu, 4 Petani Sukses Yang Raih Omzet Hingga Rp 170 Juta

hpk

Tahukah Kamu, 4 Petani Sukses Yang Raih Omzet Hingga Rp 170 Juta

Banyak yang bilang, petani itu banyak ruginya. Tapi apa itu berlaku umum? Gak juga. Nyatanya ada kok yang menghasilkan omzet hingga ratusan juta Rupiah. Hal ini membuat mereka layak menyandang gelar petani sukses.

Persepsi yang memandang miring profesi petani emang masih melekat di benak banyak orang hingga saat ini. Gak heran kalau banyak yang enggan buat melakoni profesi ini. Gak heran juga kalau saat ini yang bekerja sebagai petani kebanyakan orang-orang tua.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun lalu menyebut sebagian besar petani kita itu usianya mencapai 45 sampai 54 tahun. Udah gitu, gak sampai 30 persen yang berpendidikan SMP ke atas. Miris banget, ya? Padahal kita katanya negeri agraris.

Apa yang orang-orang pikirkan mengenai nasib petani gak sepenuhnya benar. Asal tahu aja nih, orang-orang berikut ini udah membuktikan diri sebagai petani sukses.

Siapa aja mereka?

1. Ahmad Mu’tamir


Ahmad Mu’tamir (kompas)

Dalam waktu empat bulan, Ahmad Mu’tamir mampu meraup omzet hingga Rp 170 juta dari bertani kentang. Pria kelahiran 1953 yang kini menjadi petani sukses ini mengaku gak asal-asalan dalam melakoni pekerjaannya.

Ahmad melibatkan orang-orang yang benar-benar ahli mengenai kentang. Bahkan, ia pengin para ahli ini meneliti lahannya, bibitnya, dan apa pun yang berkaitan.

Berkat masukan dan saran dari ahli-ahli inilah Ahmad Mu’tamir menghasilkan kentang berkualitas dalam jumlah banyak. Hebatnya lagi, pria yang emang udah sejak muda jadi petani ini juga mengolah kembali hasil panen kentangnya.

Ahmad Mu’tamir bersama istrinya mengolah kentang tersebut menjadi keripik. Setiap harinya dua sampai kuintal keripik kentangnya habis terjual. Keripiknya ini dipasarkan ke Dieng, Semarang, Yogyakarta, hingga ke daerah lainnya.

Omzetnya pun lebih besar lagi. Sebulan bisa mencapai Rp 120-150 juta.

2. Abdul Qohar

Petani sukses berikutnya yang mampu meraup omzet besar dari bertani adalah Abdul Qohar. Dari hasil bertani pepaya Calina, ia mampu dapat omzet hingga Rp 18 juta per bulan.

Dulunya banyak orang yang menyebut Abdul Qohar gila karena bertani pepaya. Sebab wilayah yang dijadikannya sebagai areal pertanian terkenal sebagai lahan kering.

Toh dia gak peduli pendapat orang. Pria kelahiran 1958 ini bekerja keras menyulap lahannya menjadi produktif. Hasilnya, Abdul Qohar  sukses sebagai petani pepaya.

Karena kesuksesannya inilah, petani dari Desa Candisari, Kecamatan Sambeng ini menjadi inspirasi petani-petani lainnya buat bertani pepaya. Sampai-sampai mereka membentuk kelompok tani yang bernama Kelompok Tani Godong Ijo Sejahtera.

3. Ulus Pirmawan


Kesuksesan bertani juga dirasakan Ulus Pirmawan. Pria yang gak lulus SD ini berhasil mengubah hidupnya menjadi petani sukses.

Bertani sebetulnya bukan hal yang baru bagi Ulus Pirmawan. Dalam bertani, dia cuma pengin satu, yaitu memanen hasil pertanian yang unggul sehingga orang-orang puas.

Pada akhirnya, apa yang dia pengin terwujudkan. Buncis super dari lahan pertaniannya gak cuma dijual ke Jakarta, bahkan diekspor hingga ke luar negeri sejak 1995.

Pria kelahiran 1974 ini malah gak segan berbagi ilmu kepada rekan-rekannya sesama petani.

Karena sosoknya yang inspiratif itulah, Ulus diganjar penghargaan internasional dari FAO sebagai petani teladan tahun 2017.

4. Charlie Tjendapati

Punya pekerjaan dan posisi yang bagus belum tentu bikin orang merasa puas. Buktinya, Charlie Tjendapati yang pernah bekerja di Garuda Indonesia dan Chevron banting setir buat bertani. Dia memilih kangkung sebagai komoditas andalan.

Kini omzet dari hasil panen kangkungnya gak tanggung-tanggung. Sebulan dia bisa dapat Rp 97,2 juta.

Specta Farm milik Charlie berlokasi di Kabupaten Bogor dan Bandung. Dengan menggunakan lahan seluas 3.000 meter, ia menanam kangkung hidroponik di 86 ribu lubang tanam.

Rata-rata hasil panennya dijual ke restoran dan supermarket. Misalnya aja D’Cost, Superindo, dan Carrefour. Charlie pun sahih mendapat predikat sebagai petani sukses.

Itu tadi empat orang yang mematahkan persepsi dengan menjadi petani sukses. Kerja keras mampu bikin mereka menyulap lahan jadi ladang uang sekaligus menginspirasi banyak orang.

the cheapest car insurance cost of car insurance best car insurance quotes insurance auto insurance quotes car get car insurance quotes online car insurance agent instant car insurance quote car insurance websites direct car insurance insure a car motor car insurance quote cheap car insurance online quotes for car insurance car insurers commercial car insurance motor insurance quote car insurance quotes online get a quote online international health insurance compare car insurance quotes insurance for car compare car insurance car insurance buy life insurance online compare auto insurance international medical insurance general car insurance cheap motor insurance low car insurance car insurance comparison company car insurance budget car insurance private health insurance online quote car insurance cheap motor car insurance car insurance for new drivers cheap car insurance quotes online online car insurance quotes get car insurance quotes car insurance quotes comparison motor car insurance car insurance quotes car insurance cheap comprehensive car insurance best auto insurance short term health insurance motor insurance cheap online car insurance online motor insurance quotes car insurance california buycarinsurance online vehicle insurance free car insurance quotes landlord insurance health insurance for children motorbike insurance monthly car insurance car insurance usa car insurance reviews car insurance renewal quotes vehicle insurance health insurance rates term life insurance quotes vehicle insurance quotes car insurance compare motor vehicle insurance best car insurance motor insurance online quote car insurance online quote life insurance online supplemental health insurance best car insurance rates car insurance discounts motor vehicle insurance quotes auto insurance cheap travel insurance bike insurance travel medical insurance buy car insurance online online motor insurance travel insurance quote get a quote for car insurance health insurance agent car insurance companies cheap car insurance companies travel insurance annual travel insurance commercial vehicle insurance permanent life insurance medical insurance quotes online car insurance cheap car insurance quotes car insurance online quote insurance online level term life insurance health insurance comparison how much is car insurance travel health insurance pet health insurance quotes on cars health ins travel insurance uk quote for car insurance get insurance quote online disability insurance quote temporary health insurance temporary insurance rental car insurance cheap health insurance auto insurance compare third party car insurance buy health insurance auto insurance quotes cheap insurance companies best term life insurance personal health insurance online quote insurance car insurance premium health insurance policies quotes for cars whole life insurance credit insurance cheap van insurance cheap term life insurance cheap motorcycle insurance compare life insurance car insurance cover health insurance motorcycle insurance short term car insurance health insurance coverage insurance qoute cheap life insurance house insurance quote car insurance uk health insurance companies cigna health insurance cheap insurance cheap car insurance uk compare health insurance car insurance for young drivers short term insurance online health insurance caravan insurance life insurance comparison direct insurance health insurance plans motor insurance online car insurance estimator accident insurance home insurance quotes nj car insurance new car insurance private medical insurance home insurance car insurance brokers car insurance rates commercial insurance health insurance quotes motor insurance companies which car insurance car quotes online online auto insurance flood insurance cheap auto insurance quotes car insurance agencies business health insurance term life insurance truck insurance professional indemnity insurance life insurance car insurance policy long term care insurance drive insurance buy insurance car ins motorcycle insurance quote critical illness insurance term insurance student health insurance home insurance comparison insurance rates insurance cover holiday insurance insurance sites online vehicle insurance quotes company website home insurance rates compare insurance buy insurance online affordable medical insurance car insurance coverage product liability insurance home contents insurance buy life insurance renters insurance group health insurance family health insurance motor insurance quote online mortgage insurance best home insurance personal insurance medical insurance property insurance life insurance agent group insurance aetna health insurance cheap medical insurance liability insurance rental insurance life insurance policy group life insurance general liability insurance insurance quotes online all car insurance companies best health insurance insurance plans life insurance for seniors van insurance website quote universal life insurance building insurance co insurance insurance car car insurance prices disability insurance insurance vehicle cheap vehicle insurance senior life insurance medical insurance plans insurance health house insurance life insurance quotes car quotes cheap home insurance

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]